Selasa, 05 April 2011

satelit inderaja


TerraSAR-X sebuah satelit observasi milik jerman yang dibuat dari kerjasama antara  German Aerospace Center DLR and EADS Astrium GmbH(perusahaan komersial yang memiliki ijin untuk menyediakan informasi geografis dengan nama providernya Infoterra GmbH. TerraSAR-X diluncurkan pada 15 Juni  2007 dan telah beropreasi secara resmi sejak januari 2008. Setelah itu jerman kembali meluncurkan saudara TerraSAR-X  bernama TanDEM-X pada awal tahun 2010, dua satelit ini bekerja secara berpasangan.
Berikut ini merupakan keterangan fisik dari TerraSar-X

Tanggal peluncuran
15 Juni 2007
Roket pembawa
Tempat peluncuran
Baikonur Cosmodrome, Kazakhstan
Berat satelit
1230 kg
Ukuran satelit
tinggi 5m dengan diameter  2,4 m
Tipe
ketinggian
514 km (319 mi)
inklinasi
97,44°
Frekuensi radar
9,65 GHz
Satu kali memutari bumi
94,92 minutes
Dengan aktifnya array antenna  X-band SAR (panjamng gelombang  31 mm, frekuensi 9.6 GHz), TerraSAR-X ,menggunakan  citra dari satelit ini tergolong baru, satelit ini berputar m,engelilingi kutub, saat diatas kutub ketinggian satelit ini adalah 514 km. orbit dipilih saat satelit terbang bersinkronisasi dengan bumi dan matahari, jadi sateli ini bisa berputar siang malam.energi sateli didapatkan dengan sel surya. TerraSAR-X  didesain untuk jangka waktu 5 tahun , satelit ini bertugas untuk memeriksa kondisi cuaca, citra radar dengan resolusi sampai 1 m.
Feature dari TerraSAR-X:
  • Resolusi sampai 1m
  • Akurasi radimetrinya baik,
  • Akurasi geometrinya yang terbaik dari satellit type spaceborne sensor,
  • Akses cepat 2,5 hari maks pengguanan(2 hari keakuratan 95%)untuk setiap titik di bumi,
  • Lincah  (pertukaran antara citra satelit dan polarisasi cepat)


Mode citra TerraSAR-X
TerraSAR-X menyediakan data citra dengan spesifikasi dibawah ini
SpotLight: resolusi mencapai 1m , jangkauan 10 km (lebar) x 5 km (panjang)
StripMap: resolusi mencapai 3m,  jangkauan 30 km (lebar) x 5 km (panjang*)
ScanSAR: up to 18 m resolution, jangkauan 100 km (lebar) x 150 km (panjang*)
(*StripMap & ScanSAR: pertambahan panjang mencapai 1,650 km.)
Keuntungan teknologi radar
RADAR (Radio Detection and Ranging ) and biasanya terdiri dari:
  • Pencari jarak (EDM) by dengan merata-ratakan sinyal yang kembali ke satelit;
  • Pengukuran langsung setelah dilakukan perataan;
  • Juga mempuyai beragam analisis seperti SAR, polarization, Interferometry etc.
Satelit dengan teknologi radar masih bisa dibandingkan  kecanggihannya  dengan sistem kamera optik. ressolusi (ketajaman objek) pada prinsipnya buruk,tapi  radar punya keunggulan lainnya yaitu ani iluminasi dan tahan dengan segala cuaca,  jadi akuisii data dapat dibuat setiap waktu tanpa khawatir cuaca. Kontrubusi yang signifikan pada reabilitas sistem dapat digunakan oleh banyak aplikasi dan pengguna.
 Innovations with TerraSAR X
TerraSAR X akan berpengaruh pada industri. Satu dari inovasi satelit ini adalah mampu memperbesar dengan resolusi dan scanning daerah kota dengan perebandingan 1: 10, dan tempat lainnya  dengan kemungkinan resolusi terbaik
Scanning and trajectory
Dengan radar maka pemetaan bumi dapat diteliti secara  berkala selama 1-3 hari. Untuk lokasi spesific di garis khatulistiwa TerraSAR X akan berputar slama 11 hari. Kembalinya satelit ke suatu titik berkurang saat di kutub (eropa utara)  yang kembali setelah 3-4 hari.
Segmen darat
Didarat, operasi satelit ini dikendalikan oleh DLR di Oberpfaffenhofen. DLR terbagi atas 3 departemen yaitu departemen peralatan misi, departemen payload dan departemen instrumen dan.  Di  markas  German Space Operation Center (GSOC), the German Remote Sensing Datum Center (DFD) as well as Institutes for Methodology of Remote Sensing (MF) and the Institute for High-Frequency Engineering and Radar Systems (HR) adalah bagian dari part of the DLR.
Aplikasi
aplikasi resolusi tinggi citra TerraSAR-X yaitu:
  • Topographic Mapping: 2D and 3D, sampaio 1:25,000 kebawah ,dan update
  • Surface Movement:berdasarkan seri waktu yang dilakukan  TerraSAR-X  di tempat yang sama, maka pergerakan permukaan dapat terdeteksi. Ini sangat berguna subsurface mining, oil-/gas extraction, infrastructure construction, excavations, or underground jadi insinyur dapat visualisasi secara jelas,
  • Change Detection: untuk memonitor proyek besar secara berkala seperti  jaringan infrastrukutur.
  • Land Cover and Land Use Mapping:  keakurasian dan up to date dapat digunakan untuk pengguanaan lahan  dan informasi lahan dari suatu tempat.
  • Defence and Security Applications: pplications aplikasinya temasukl perencaan, mitigasi bencana dan monitoring perbatasan.
  • Environmental applications:  monitoring hutan , banjir dan kualitas air.
  • Further applications sedang dievaluasi: monitoring macet, kelautan, dan pertanian.


COSMO 1, 2, 3, 4

COSMO 1 [Alenia]
COSMO-SkyMed (Constellation of Small Satellites for Mediterranean basin observation) adalah program observasi bumi  dari  Italian Space Agency (ASI) dikembangkan oleh  Alenia Spazio, a Finmeccanica company sebagai kontraktor tunggal prime contractor. Sistem ini akan memonitor  bumi dan daerah mediterania secara berkala, dan menyediakan  informasi  citra dengan resolusi tinggi, waktu kembali yang berkurang dari sebelumnya akan membuat data terkmpul lebih cepat kepada pengguna.
Dalam membuat COSMO-SkyMed system, Alenia Spazio  akan berkoordinasi dengan beberapa industuri keluarga perusahaan Finmeccanica group, seperti  Telespazio, yang bertanggung jawab untuk mengembangkan segmen darat dan manajemen di orbitnya,  Galileo Avionica and Laben  untuk mengembangkan part dari radar COSMO.
Objek utama dari sistem ini adalah memonitor kekuasaan negara dan memonitoring bencana alam seperti banjir, pergerakan tanah seperti daerah pantai laut , memonitor hasil panen, keperluan kartografi dengan menyediakan citra dengan resolusi sampai 1.
Dua kegunaan dari satelit ini (sipil dan militer) dari sistem ini akan membolehkan aplikasi selain untuk pertahanan dan strategi bertahan.
COSMO-SkyMed  akan menjadikan italia mejadi salah satu pembuat sistem satelit pneleiti bumi yang terpercaya dengan keamanan untuk kehidupan bumi.
COSMO-SkyMed is membuat satelit yang disebut COSMO 1 - 4 dan berhubungan dengan infrastruktur didarat. Alenia Spazio  akan membuat empat satelit dengan resolusi tinggi, X-band (9.6 GHz) synthetic aperture radar (SAR) dan itu akan memungkinkan integrasi dengan satelit perancis Pleïades-HR. The COSMO satellites bermarkas di Alenias Prima Bus.
Semua satelit akan di  pasang  dengan data transmisi dalam  the X-band  dengan antena yang berkecepatan tinggi 300 Mbps , dari data ke markas. Kedepannya sistem perekaman akan menyediakan citra area satelit tanpa harus mengirim data ke darat.
Negara:
Italy
Type / Application:
Earth Observing (Radar)
Operator:
ASI
kontraktor:
Alenia Spazio
peralatan:
X-band (9.6 GHz) synthetic aperture radar (SAR)
Konfugurasi:
Propulsion:

Power:

Waktu kerja:
5 years
berat:
1900 kg
Orbit:
619 km x 619 km, 97.86°

Satellite
Date
LS

Launch Vehicle
Remarks
COSMO 1
08.06.2007
Va SLC-2W


COSMO 2
09.12.2007
Va SLC-2W


COSMO 3
25.10.2008
Va SLC-2W


COSMO 4
06.11.2010
Va SLC-2W



 lebih lengkap cari di google....


Tidak ada komentar:

Posting Komentar